Rabu, 16 Februari 2011

Dataran Tinggi Eksotik Palangkaraya

Ada beberapa objek wisata yang patut dikunjungi sepanjang perjalanan dari Sampit ke Palangkaraya. Setelah menempuh perjalanan sekitar xx km maka disebelah kiri jalan poros saya bisa menemukan objek wisata pertama yaitu Gunung Batu Cilik Riwut. Gunung batu Cilik Riwut ini konon ada tempat pertapaan Gubernur pertama Kalimantan Tengah Cilik Riwut yang juga dikenal sebagai pahlawan yang berasal dari Kalimantan Tengah. Hal yang membedakan gunung batu yang satu ini adalah bentuknya yang seperti susunan batu-batu raksasa ditengah-tengah padang rumput. Kebanyakan gunung batu yang berada di Kalimantan adalah gunung batu yang terjadi karena penggalian tanah atau karena bekas kikisan. Namun gunung batu yang satu ini seolah-olah diletakkan oleh seorang raksasa yang pernah mengangkat dan meletakkannya disana (auuuuummmm horor)...
  
Tidak hanya keunikan bentuk batuannya, pemandangan dari atas pun benar-benar indah. Saya dapat melihat hamparan perkebunan yang mengelilingi gunung batu Cilik Riwut. Jadi tinggal pilih, mau foto diantara bebatuan, foto dengan latar belakang pemandangan perbukitan dari atas atau mau foto berlatar belakang pohon yang dikeramatkan oleh orang-orang sekitar daerah tersebut. Kain berwarna kuning, sesajen yang digantung dipohon maupun air mineral serta daun sirih yang dibiarkan begitu saja disekitar pohon keramat adalah pemandangan yang biasa.


Foto Tjilik Riwut (Gubernur Pertama Kalimantan Tengah)


Berjarak 45km sebelum memasuki kota Palangkaraya ada dua objek wisata lagi yang patut untuk dikunjungi. Tempat pertama ini dikenal orang dengan nama Bukit Tangkiling. Untuk memasukin area bukit Tangkiling kita hanya perlu mengeluarkan biaya 1.500 rph/ perorang dan 5.000 rph/ mobil. Untuk mencapai puncak bukit Tangkiling kita harus berjalan kaki. Sepanjang pendakian menuju puncak kita dapat melihat penangkaran buaya di kaki bukit Tangkiling. Ada beberapa ekor buaya muara yang dipelihara disana dengan kondisi yang memprihatinkan karena kondisi kandang yang banyak sampah baik di darat maupun diatas kolam. 


Penangkaran Buaya Sapit (Seluyong)
Setelah melewati kolam buaya, perjalanan yang saya tapaki mulai mendaki. Pendakiannya pun beragam  sekitar 15'-45' derajat yang benar-benar menguras tenaga. Yah tentu saja tidak mengherankan melihat setapak ditengah hutan ini benar-benar masih tanah liat dan akar-akar pohon yang digunakan sebagai pijakan untuk mendaki. Disekitar setapak pendakian saya bisa melihat beberapa tempat bekas jualan yang tidak terurus, pondokan yang sudah lapuk kayunya, serta gedung tua yang tidak berpenghuni lagi. Konon dulu ada reality show yang pernah mau mencari tahu tentang penampakan roh halus dalam gedung tersebut, walaupun pada akhirnya tidak terdapat apa-apa. Sungguh sangat disayangkan, kalau menanyakan objek wisata kepada orang-orang dayak di Kalimantan Tengah pasti mereka tidak lupa merekomendasikan tempat ini, tapi pada kenyataannya tempat ini benar-benar dibiarkan tidak terurus. Yah sudahlah, Indonesia masih tetap terlalu cantik walaupun tanpa polesan *wink. 


Jalan Setapak Pendakian Bukit Tangkiling
Jika sempat sampai kepuncak Bukit Tangkiling, pemandangan dataran tinggi yang datar seluas 12 Hektar akan menghampiri mata. Kabar-kabarinya nih yah, kalau ibu kota negara benar-benar dipindahkan ke Palangkaraya maka istana negara akan dibangun diatas bukit ini. Berarti pilihan saya tepat untuk menginjakkan kaki ditanah yang bakalan mahal banget pasti harganya.

Hutan Lindung Bukit Tangkiling


Batu jurang Bukit Tangkiling
Tidak berlama-lama berada di puncak Bukit, saat sampai kembali di kaki bukit Tangkiling saya baru menyadari ada beberapa kandang hewan asli Kalimantan yang dibangun dibelakang aula. Ada monyet (hewan asli Indonesia sekali yang dipulau mana pun pasti ditemukan), landak (saya baru tau ini hewan khas Kalimantan juga ternyata), dan beberapa hewan lainnya. Menurut orang-orang disana, bukit Tangkling ini sangat pas untuk area camping, jadi kalau ada waktu yang lebih. Lebih baik persiapkan untuk camping diatas bukit dan menikmati alam bebas semaleman daripada hanya sekedar mendaki saja karena cukup melelahkan.

Bertemu Leluhur harus natural komunikasinya :p
Landak Kalimantan
Salah satu hewan khas Kalimantan (g tau namany apa!)
Masih sekitar perbukitan dan pengunungan, tempat berikutnya yang saya kunjungi adalah Bukit Karmel. Bukit Karmel ini lebih dikenal sebagai wisata rohani untuk agama Katolik tapi tentu saja dibuka untuk umum. Pertama kali saya memasuki pintu gerbangnya, saya merasa sedang berada dalam settingan tempat syuting untuk telenovela yang biasanya saya nonton saat kecil hahah lucu memang memiliki imajinasi seperti itu. Arsitektur dan tata tamannya benar-benar rapi dan teratur, pemandangan yang kontras dengan lingkungan diluar.
 
Halaman Depan Bukit Karmel
Patung Proses Penyaliban Yesus
Bukit Karmel ini didirikan untuk asrama para biarawati yang ditugaskan untuk berdoa. Karena kehidupan mereka benar-benar tertutup maka untuk melihat kehidupan seharian mereka, disekeliling asrama yang ditutupi oleh kawat besi ini, telah dibuatkan jalan setapak yang mengelilingi asrama. Jalan setapak ini juga biasanya digunakan untuk memperingati hari Natal. Jalan setapaknya dibuat mendaki hingga ke atas bukit dengan patung-patung yang menggambarkan proses Yesus disalip hingga saat kebangkitannya.

Pemandangan di atas Bukit Karmel
 Semakin mendaki, semakin indah pemandangan dibawah kaki bukit yang bisa kita nikmati. Dari atas kita tidak hanya bisa melihat asrama dan gereja dibawah kita semakin menjauh, kolam ikan dan perkebunan yang semakin mengecil tapi juga pemandangan hijau Kalimantan Tengah yang benar-benar membuat saya menghasilkan banyak foto untuk mengabadikan keindahannya *menceritakannya pun sekarang sudah bikin saya melow mendeskripsikannya :D. 
Pemandangan Bukit Karmel dari atas
Sebelum lebih melow dan diluar konteks perjalanan sebenarnya kayakny cukup sekian dl kisah tiga bukit yang saya rekomendasikan untuk dikunjungi kalau ada waktu berkunjung ke Palangkaraya...Mengenai biaya cukup menyewa mobil saja sekitar 250.000-300.000rph/ hari dan untuk biaya masuk di Gunung batu Cilik Riwut dan Bukit Karmel *seikhlasnya karena biaya ini seperti pemberian saja bagi orang yang telah merawat salah satu kecantikan Indonesia. Sampai jumpa dan selamat berjalan-jalan yah :D















1 komentar:

Novy Writer mengatakan...

Nitip publikasi ya.. Kan sama2 wisata, so bila ada warga Sampit-Palangkaraya yang mau berlibur ke Malang Jawa Timur nih informasinya :

Villa Sederhana Untuk Keluarga Baik-Baik dan Buku Teman Wisata

Reservasi :
WRITE ...... Villa Reservasi – Ziarah Pesantren – Fiksi Opini Artikel – Blog (Web) – Tour Package – Umroh & Haji
FB & Twitter : Novy E.R. ( @NovyWriter )

ENJOY YOUR HOLIDAY TO MALANG RAYA

ADA VILLA MILIK KELUARGA MUSLIM UNTUK KELUARGA BAIK-BAIK DISEWAKAN (MURAH & SEDERHANA) DI SONGGORITI BATU MALANG

Assalamu’alaikum ……

Bersama Novy E.R. penulis banyak blog yang siap membantu Anda dalam hal jasa persewaan untuk liburan keluarga Anda, VILLA SEDERHANA UNTUK KELUARGA BESAR ANDA di Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur Indonesia dengan HOTLINE 24 JAM
simPATI 081 233 68731
Flexi 0341 7695 333
XL 081 945 723 539
IM3 085 755 602 729
BBM 2A22D418
(NO SERVE SMS & BBM)..
Maaf, Yang Serius So Pasti Tidak SMS, akan tetapi langsung menelpon.

Web Publikasi : http://rivitacahayaqalbu.wordpress.com/
Blog Wisata Malang Raya : http://novavilla.wordpress.com/
Foto Lengkap Villa : http://www.facebook.com/VillaNovaDisewakan

Keterangan Singkat Promo Villa Murah Sederhana , Nyaman, Strategis :

tanpa kolam renang atau Villa dengan kolam renang.
bisa untuk keluarga kecil atau rombongan.
Villa Nova type A- G ada 17 kamar 19 bed,reputasi baik, lokasi strategis tepi jalan raya dan tidak dekat kandang hewan, depan pasar wisata, 7 TV dengan 7 reserve parabola, 5 DVD player untuk karaoke bersama rekan-rekan / keluarga, 6 dapur, air panas, halaman juga cukup luas, ada play ground mini, MUSHOLLA MINI lengkap dengan Al Qur’an dan alat sholat.
Villa Hijau (dengan kolam renang dan taman) juga berlokasi di tepi jalan rayua kawasan wisata, 6 kamar 5 kamar mandi, TV, VCD, kulkas
Lain-lain silahkan kunjungi blog dan facebook kami ya….

Writer And Tourism by NOVY E.R. :

Menyediakan wisata oleh-oleh khas SARI APEL DAN JAMBU JAWARA serta Air Mineral JAWARA

KONTAK RESERVASI :
Mrs. NOVY E.R.
Twitter : @NovyWriter

FIGHT AGAINST DRUGS ................. FOREVER ....!!!!!!!!!

PERHATIAN !!! ===> Jadikan Sebuah Buku “MERAH PUTIHNYA CINTA” Teman Dalam Perjalan an Anda
Tidak ada salahnya bila dalam berwisata menyiapkan perbekalan yang hendak dibawa dan salah satunya adalah sebuah buku yang asyik dibaca saat santai atau rekreasi. Dan bila mengaku customer atau sahabat Novy E.R. Ayo segera beli dengan judul MERAH PUTIHNYA CINTA. Ada di Gramedia, Togamas atau toko buku terdekat di kota Anda dengan harga murah. Membeli bukunya sekaligus menyayangi kaum dhuafa karena sebagian hasil penjualan dari buku akan disumbangkan. Segera beli ya ...thx buat yang beli ... J



Posting Komentar

 

Copyright © Makan sambil Jalan *wink. Template created by Volverene from Templates Block
WP by WP Themes Master | Price of Silver