Sabtu, 29 Oktober 2011

Kepulauan Derawan

Haiii selamat datang di salah satu kepulauan menakjubkan milik Indonesia. Selain kepulauan Seribu yang ada di Jawa dan Raja Ampat yang ada di Papua, kepulauan satu ini memiliki pesona alam yang tidak kalah cantiknya. Nama kepulauan tersebut adalah Kepulauan Derawan. Kepuluan ini masih termasuk dalam provinsi Kalimantan Timur, namun jaraknya yang jauh mengharuskan saya untuk memilih apakah akan melakukan perjalanan darat selama sekitar 16 jam untuk mencapai kota Berau atau menggunakan pesawat yang hanya memakan waktu sekitar satu jam perjalanan.  Tentu saja biayanya berbeda. Untung saja ada promo Sriwijaya buy 1 get 1 free sehingga saya bisa membeli tiket PP seharga Rp.600.000/ ++ untuk perjalanan pulang pergi Balikpapan - Berau.
Untuk mencapai kepulauan Derawan, tidak semudah yang saya bayangkan. Perjalanan pesawat saja tidak dapat langsung membawa saya ke kepulauan tersebut. Masih ada perjalanan darat dan perjalanan laut yang harus saya lewati. Namun karena kecapaian setelah kerja dan segala macamnya  maka saya dan teman-teman memutuskan untuk menginap di kota Berau dulu semalam sebelum paginya berangkat menuju kepulauan Derawan.

Penginapan di Berau
Keesokan harinya, kami memulai perjalanan pagi-pagi sekali sekitar jam 5 subuh. Bisa dipastikan sebagai backpacker sejati yang sangat peduli masalah alam, saya tidak akan membuang-buang air bersih untuk pagi sepagi itu, kan sebentar lagi saya bisa mandi sepuasnya dilaut *wink. Tepat jam 5 subuh, mobil sewaan yang akan kami gunakan sudah menjemput kami di depan hotel. Harga sewa mobil ini sebesar Rp.600.000 untuk mengantar dan menjemput kami dari pelabuhan Tanjung Batu. Mobil akan mengantar kami ke pelabuhan yang berjarak sekitar 2 jam dari Berau. Sepanjang perjalanan hanya ada hutan dan bekas tambang pasir yang berkilauan ditempa sinar matahari.

Setelah perjalanan selama 2 jam, kami akhirnya sampai di pelabuhan. Kapal yang sudah kami pesan sebelumnya lewat telepon siap mengantar kami berkeliling selama dua hari ke depan. Yah berhubung belum ada jembatan Suramadu yang menghubungkan antar pulau maka harus naik kapal untuk pergi dari satu pulau ke pulau yang lain. Biaya sewa kapal berkapasitas 10 orang selama dua hari sebesar Rp.1.400.000. Pulau pertama yang saya tuju adalah Pulau Derawan karena di pulau ini banyak penginapan murah dan pemukiman warga sehingga lebih mudah mendapatkan makanan dan belanja saat malam hari. Sesampainya di Pulau Derawan, jurus anak jalan-jalan tidak mau rugi adalah simpan tas ciyat sewa snorkeling set ciyat dan kembali ke kapal ciyat ciyat ciyat.
Penginapan di Derawan

Pulau Maratua

Karena kami tinggalnya di Pulau Derawan maka, Pulau Derawan berada di prioritas terakhir untuk dieksplor. Pulau pertama yang saya dan teman-teman akan kunjungi adalah Pulau Maratua. Namanya boleh berakhiran “tua” tapi sesampainya di pulau ini maka serasa terdampar di kolam renang. Pulau ini dikelilingi banyak pasir putih tanpa karang sehingga saat kita berenang maka serasa berenang di kolam renang. Selain pasirnya yang sangat putih sehingga mirip kolam renang dengan lantai marmer putih, airnya juga amat jernih sehingga sejauh mata memandang kita masih bisa melihat teman kita berenang di bawah air dengan jelas. Kalau melihat foto-foto bawah air di Pulau Maratua ini, yakinlah ini fotonya diambil di laut bukan di kolam renang semata *wink.

Di Pulau Maratua ini juga terdapat penginapan kelas menengah ke atas. Nampaknya pernginapan ini juga satu-satunya penginapan di Pulau ini. Sehingga ada aturan yang amat saya sesalkan yang berlaku di hotel ini yang amat sangat membahayakan keselamatan pengunjung lain. “Pihak hotel dilarang menjual makanan dan minuman kepada pengunjung yang tidak menginap di penginapan tersebut”. What the hahahhahaha, setelah capek berenang, berjalan menyusuri pantai dan tertawa cekikikan, maka haus pun melanda. Setiap orang hanya membawa air minum sebanyak satu botol mineral 500ml yang tentu saja sudah hampir habis diminum. “Apa yang akan terjadi kepada kami semua di sisa perjalanan sedangkan masih banyak pulau yang harus kami kunjungi?”

Pulau Kakaban

Tidak berlama-lama di Pulau Maratua, pulau berikutnya yang saya dan teman-teman kunjungi adalah Pulau Kakaban. Setiap pulau tentu punya ciri khas sendiri. Di Pulau Kakaban ini, saya dapat menikmati dua hal sekaligus, yaitu berenang diantara karang dan juga berenang di dalam danau. Pertama saya akan menceritakan tentang berenang di tengah danau. Danau ini terdapat di tengah Pulau Kakaban. Hal yang menarik dari danau tersebut adalah terdapat banyak ubur-ubur yang hidup di sana, sehingga saya dapat berenang bersama.
Tidak usah khawatir karena ubur-ubur yang terdapat di sini bukan ubur-ubur laut dengan tentakel panjang dan mengeluarkan bisa. Ubur-ubur di tengah danau ini bentuknya seperti ikon jamur di film kartun. Kepala gede badan gendut dan pendek-pendek. Saat kita berenang di tengah danau, semakin banyak air danau yang bergemercik semakin banyak ubur-ubur yang akan mendekati kita. Ceritanya yah seperti kayak lagi di film barat dimana ada adegan anak-anak SMA yang sedang jatuh cinta pergi ke tengah danau dan berenang di sana *wink.

Setelah puas berfoto-foto dengan ubur-ubur cupu ini (karena nggak beracun), kini saatnya kembali ke laut untuk berenang bersama karang. Saat kembali berjalan menuju laut, air laut sudah mulai pasang sehingga dari pinggir dermaga kita sudah bisa langsung berenang tanpa perlu berjalan melewati karang-karang. Pemandangan bawah laut Pulau Kakaban pun menimbulkan perasaan takjub diselingi ketakutan tersendiri. Bentuk bawah laut pulau Kakaban ini berupa tebing yang memiliki kedalaman puluhan meter dibawah laut. Sehingga bagi yang belum bisa berenang, harus lebih berhati-hati karena arus yang cukup kuat dapat membawa kita hingga ke atas tebing. Setelah berenang berjam-jam akhirnya kepala saya pening dan akhirnya saya kembali ke atas kapal terlebih dahulu. Entah petaka atau kebodohan apa yang terjadi kepada kami sampai-sampai tidak sarapan, masing-masing cuma bawa air mineral 500ml untuk seharian serta berenang berjam-jam dan di Pulau Kakaban ini. Jangankan penjual makanan, kehidupan pun tidak ada ya Tuhan!. Untung salah satu adik teman saya membawa sedus makanan ringan langsung dari Bangka. Hanya kerupuk ini yang menyelamatkan kami untuk tetap hidup tanpa kelaparan. Setelah mau mati dehidrasi karena mata sudah berkunang-kunang, tiba-tiba seorang bapak dari kapal sebelah yang juga mengantar penumpang muncul sebagai malaikat. Bapak tersebut membawa air mineral kemasan gelas yang banyak dan dibagi-bagikan untuk saya dan teman-teman. Akhirnya kami hidup lagi sodara-sodara.

Menjelang matahari terbenam, kami melanjutkan perjalanan menuju salah satu kepulauan yang bernama Pulau Sangalaki. Pulau ini memang harus dikunjungi sore hari karena dalam perjalanan menuju ke pulau Sangalaki tersebut, saya dan teman-teman dapat bertemu dengan  segerombolan besar ikan pari yang sedang bermigrasi. Pemandangan tersebut sungguh menakjubkan, karena ikan pari terlihat dimana-mana!. Kalau pandai berenang tidak ada salahnya untuk turun ke dalam laut dan melihat ikan pari berenang (note: mo cari mati kamu? Ekornya pari kan beracun kaliii). Berhati-hati saja dengan arus laut yang sangat kuat disini. Setelah kelompok migrasi ikan pari ini berlalu, perjalanan ke Pulau Sangalaki pun kembali dilanjutkan. Di pulau ini, saya dan teman-teman datang untuk melihat tempat penangkaran penyu. Penyu-penyu tersebut akan dilepaskan kembali ke laut setiap matahari terbenam.
Menjelang malam, kami segera kembali ke Pulau Derawan untuk beristirahat. Tidak seperti di Kepulauan Seribu, jarak antara pulau di Kepuluan Derawan ini memakan waktu sekitar 1 sampai dengan 1,5 jam sehingga setelah seharian, saya dan teman-teman hanya dapat mengunjungi 3 pulau yang memang selalu menjadi tujuan wisata di Kepulauan Derawan. Kehidupan malam Kepulauan Derawan ini ternyata ramai juga, banyak terdapat cafĂ©, bar dan restoran yang kebanyakan dikunjungi oleh wisatawan asing. Ada dua tempat makan yang bisa diandalkan rasanya di Pulau Derawan ini yaitu Restoran Agusty  untuk makan Seafood dan Restoran "xxx" lokasinya didekat dermaga masuk derawan. Ini enak untuk makan rasa rumahan dengan anggaran sekitar Rp.20.000-40.000 sekali makan. Menghabiskan malam yang semakin larut bersama teman-teman di beranda penginapan yang menghadap ke laut juga sangat menyenangkan apalagi penginapan ini menyiapkan air panas untuk merebus kopi, teh dan indomie hingga pagi.

Pulau Derawan

Keesokan harinya, saya dan teman-teman sudah nongkrong di pinggir dermaga di depan penginapan kami. Ada sekelompok penyu yang sedang berenang di bawah dermaga. Betapa beruntungnya kami, karena tidak harus mencari penyu ditengah laut, malah penyu yang mendekati kami. Untuk memancing penyu datang gunakan daun pisang yang ujungnya telah diikat sehingga dapat ditarik dari atas dermaga. Ada yang bertugas menarik-narik daun pisang tersebut dari atas, sedangkan ada pula yang harus turun mengabadikan moment ini. Secara aklamasi saya memilih diri saya sendiri untuk bergabung dengan tim bawah laut untuk berenang dan berfoto-foto dengan penyu. Sumpah yah, yang namany penyu itu bener-bener “unyu” sesuai namanya. Udah dia yang ukurannnya gede pas berenang-berenang terus tatap-tatapan mata dengan saya, malah dia yang kabur duluan. Tapi ada juga penyu yang cuek bebek eh salah cuek penyu. Selama dia makan, mau ada manusia berapa banyak di sekitar dan dan megang-megang dia tetap aja donk dia anteng makannya *swt.
Setelah para penyu ini pergi, maka saatnya juga bagi kami untuk pergi mengitari Pulau Derawan. Salah satu spot yang harus dikunjungi adalah dermaga di salah satu penginapan mahal di pulau ini. Tepat di ujung dermaga, ada pemandangan bawah laut yang jernih, banyak karang dan ikan berwarna-warni yang benar-benar memanjakan mata. Cobalah salah satu atraksi loncat dari ujung dermaga, perasaaannya benar-benar what the Huft! Amazing!. Demikian kisah singkat perjalanan ke salah satu pulau cantik di Kalimantan Timur, semoga kamu mempunyai pengalaman yang lebih berkesan lagi. Have a Good Trip *wink

Literary:
Tiket Pesawat Balikpapan-Berau:
Rp. 600.000 - Rp. 1.000.000/ Orang/ PP
Sewa Mobil Berau- Tanjung Batu: Rp. 300.000- Rp 350.000/ sekali jalan
Sewa Kapal dari Tanjung Batu + Keliling Pulau: Rp. 1.400.000 - Rp 1.500.000 / dua hari
Penginapan di Berau: Rp. 250.000, ++/ Malam/ 3-4 Orang
Penginapan di Derawan: Rp. 200.000, ++/ Malam/ 3-4 Orang
Makan: Rp 30.000-Rp. 50.000/ orang/ sekali makan
Contact Person: Susanto (08998715326)