Rabu, 20 September 2017

Korea Trip Day 1 - Mengunjungi Korea Tower

Meskipun kami telah tiba di korea pada pukul 08.00, namun kami baru sampai ke apartemen sekitar pukul 12.00. Kami pun masih harus mandi dan makan siang terlebih dahulu. Mandi kelar, perut kenyang, kami pun siap berangkat menuju Korea Tower. Ternyata tidak semudah itu melakukan perjalanan dengan keluarga yang terdiri dari senior, anak-anak dan batita. Dari siap berangkat hingga benar-benar berangkat, kami menghabiskan waktu sekitar 1 jam.

Pada pukul 15.00 akhirnya kami pun sudah tiba di Mapo Station, jaraknya hanya 100 meter dari apartemen kami. Hal yang pertama setiap turis harus lakukan adalah membeli subway card. Kartu ini dapat digunakan untuk semua jenis transportasi yang ada dikorea (bus, mrt, aras dan korail). Harga kartu sendiri sebesar KRW 2.500, dihitung-hitung setiap harinya kami bisa menghabiskan sekitar KRW 3.750. Untuk dalam kota, setiap satu kali perjalanan mesin secara otomatis akan memotong sebesar KRW 1.250 dan jika ada penambahan biaya maka akan dipotong saat keluar dari station tujuan.

Korea Tower

Tower yang berada dipuncak bukit ini dapat dikunjungi dengan menggunakan subway maupun bus. Jika menggunakan subway, turunlah di Myeongdong Station (exit.4). Setelah itu jalanlah lurus kedepan hingga menemukan perempatan besar. Setelah itu berbelok kiri, kemudian jalan lurus hingga 2 blok lagi maka kamu akan menemukan elevator untuk naik ke pos pertama cable car. Bagi yang suka berjalan kaki, atau sekedar ingin merasakan jalan naik turun di Korea juga dapat menggunakan bus saja. Harga untuk naik cable car sendiri adalah sebagai berikut:
- Dewasa: KRW 6.000 untuk single trip dan KWR 8.500 untuk return.
- Anak (>2th) dan Senior (>65th): KRW 3.500 untuk single trip dan KRW 5.500 untuk return

Dari atas cable car kita bisa melihat pemandangan kota Seoul lengkap dengan sungai dan hutan yang masih dijaga di sekitar Seoul Tower. Cable car datang setiap 5 menit sehingga tidak perlu khawatir ada antrian panjang saat menunggu. Setelah sampai di plataran Korea Tower kita bisa langsung menuju ke Gembok Cinta. Tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk berfoto-foto disekitar daerah ini. Namun bagi kalian yang ingin memasang gembok bersama pasangan, kalian juga bisa membeli langsung ditoko sekitar lokasi dengan harga KRW 5.000 s.d KRW 10.000.

Melanjutkan perjalanan ke arah Seoul Tower, kita juga bisa menikmati halaman pelataran yang luas dan menarik buat anak-anak. Maklum, kami sedang membawa 2 orang anak kecil yang senang berlari-larian kesana kemari. Disini pun terdapat tempat makan, minum dan toko untuk membeli souvenir khas Seoul Tower. Bagi kalian yang ingin melengkapi kunjungan dengan menaikin Seoul Tower, kalian bisa kembali membeli tiket di tiket booth seharga KRW 10.000 untuk dewasa. Indahnya membawa anak yang berusia 2 tahun adalah gratis kemana-mana. Dari tiket pesawat hingga tiket atrakasi *wink.

Sebelumnya kami harus menggunakan lift untuk naik ke atas Seoul Tower, betapa gelinya ketika kami disuruh melihat kebagian atas lift yang telah tersedia tv dengan adegan kami sedang meluncur cepat keatas menembus Seoul Tower hingga angkasa hahahah. Kami nampaknya memilih waktu yang tepat untuk naik ke atas tower ini. Tidak hanya melihat pemandangan kota Seoul 360', kami pun dapat menikmati indahnya matahari terbenam dikota ini.

Menghabiskan waktu hingga malam hari di sekitar Seoul Tower nampaknya juga menjadi rutinitas warga lokal, hingga jam 20.00 saja, masih banyak orang yang baru saja tiba setelah menggunakan cable car. Kami pun mengabadikan beberapa pemandangan kota Seoul dan Seoul Tower di malam hari. Banyaknya lampu yang berwarna-warni memperindah memandangan Seoul Tower malam ini.

Two Two Chicken Myeongdong

Namanya juga jalan dengan orang tua dan anak kecil, kami sudah sepakat untuk melakukan trip paling lama hingga pukul 21.00 setiap harinya. Untung saja, mama dan papa saya juga ikut, jadi anak saya bisa dititip ke mama papa yang lebih memilih untuk beristirahat dibandingkan menghabiskan malam di pusat keramaian Seoul.

Malam ini kami berencana untuk mencoba salah satu makanan yang banyak di rekomendasikan food blogger. Konsepnya seperti rumah makan chicken wings pada umumnya, tapi kalau ini benar-benar potongan ayam goreng. Satu porsinya terdiri dari 1 ekor ayam yang dipotong-potong hingga 8 atau10 bagian. Jika datang pada malam hari, tempat ini banyak disinggahi orang-orang yang sekedar nongkrong dan minum bir/sake. Harga perposi ayamnya adalah KRW17.000 dapat dimakan untuk 3 orang.

Rasa ayamnya benar-benar bikin ketagihan, dari yang awalnya shock liat porsi ayamnya hingga seluruh potongan ayam habis tak tersisa. Ayam goreng ini juga aman buat yang termasuk tukang pilih-pilih dalam hal makanan di Korea. Restoran ini hanya menjual ayam goreng dan nasi saja sehingga tidak perlu khawatir bercampur dengan makanan sejenis babi dan sebagainya.

Bagaimana cara ke two two chicken? Kalian bisa mengambil subway dari mana saja menuju Myeongdong Station exit 4. Berjalanlah menyusuri cartoon street, tidak jauh dari perduaan jalan, kalian bisa melihat two two chicken berada disebelah kiri jalan.

Rasanya nyumm nyumm *wink

Nite nite dan sampai jumpa di perjalanan esok hari